Punai Gading, Spesies Merpati Cantik Kaya Warna yang Suka Makan Buah

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 06:45 WIB
Burung Pinai Gading saat sedang mencari makan buah-buahan di pohon. (Wikimedia via Indonesia.go.id)  (https://lumajang.jatimnetwork.com/)
Burung Pinai Gading saat sedang mencari makan buah-buahan di pohon. (Wikimedia via Indonesia.go.id) (https://lumajang.jatimnetwork.com/)

 

 

LumajangNetwork.com – Indonesia dikenal dengan keanekaragaman flora dan faunanya. Untuk keluarga burung misalnya, tercatat ada 1.812 jenis burung hidup di Indonesia yang berhasil diidentifikasi oleh para ahli.

Salah satu jenis burung asli Indonesia itu adalah Punai Gading, sejenis merpati dengan ragam bulu-bulu indah di tubuhnya atau kerap dijuluki colorful pigeon (merpati penuh warna). Burung dari keluarga dara dan merpati (Columbidae) ini hidup di banyak di kawasan di Indonesia, serta sejumlah negara tetangga. Seperti Filipina, Thailand, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Vietnam dan Singapura.

Burung Punai Gading ini pertama kali diidentifikasi oleh Carolus Linnaeus, ahli zoologi asal Swedia pada 1771. Ia memberikan nama latin  Columba vernans. Kata vernans berasal dari bahasa Latin vernantis yang berarti cemerlang. Punai gading berkerabat dekat dengan punai siam (Treron bicinctus) atau orange-breasted green pigeon yang juga tersebar luas di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Temukan Spesies Katak Baru di Pulau Belitung  dan Lampung, Peneliti Beri Nama Sriwijaya

Punai gading tergolong merpati hutan dan menyukai area terbuka. Misalnya, tepian hutan primer, hutan sekunder, lahan pertanian, pesisir pantai, dan hutan mangrove. Kadang-kadang ditemukan di wilayah perkotaan yang memiliki banyak pohon besar, seperti area kampus, taman-taman kota, kebun binatang, atau kebun raya.

Terkadang satwa itu menjelajah hingga hutan perbukitan pada ketinggian 750 meter di atas permukaan laut (mdpl) seperti di Kalimantan. Bahkan di Sulawesi, punai cantik itu hidup di hutan pegunungan pada ketinggian 1.200 mdpl.

Punai Gading dikenal sebagai pemakan buah (frugivor) terutama  buah-buahan kecil, seperti beringin, kersen, senggani, dan sampare. Si burung cantik ini juga lahap memakan buah pohon semak salju (Breynia disticha), legundi (Vitex), mara (Macaranga), nibung (Oncosperma), gandrik (Bridelia), dan ara (Ficus).

Tak heran, jika Punai Gading senang bersarang di pohon besar seperti beringin, apalagi jika masuk musim berbuah.

Halaman:

Editor: Adi Permana

Sumber: Indonesia.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Membuat Daftar Isi di MS Word, Cepat dan Otomatis

Senin, 29 November 2021 | 19:15 WIB

Cara Mudah Ubah File PDF ke Word Dan Sebaliknya

Kamis, 25 November 2021 | 11:38 WIB

Tips Baterai HP Agar Awet dan Tahan Lama

Kamis, 18 November 2021 | 09:56 WIB
X