4 Ketentuan Materi Lomba Pramuka Penting Diketahui, Salah Satunya Unsur Seni dan Budaya

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:43 WIB
4 Ketentuan Materi Lomba Pramuka Penting Diketahui (pramukaupdate.id)
4 Ketentuan Materi Lomba Pramuka Penting Diketahui (pramukaupdate.id)

LumajangNetwork- Simak materi lomba Pramuka berikut ini, simak 4 ketentuan berikut ini.

Materi yang ada dalam lomba Pramuka, harus memenuhi 4 ketentuan, salah satunya Seni Budaya, sebagai pengenalan.
 
Menjadi salah satu syarat utama bagi penyelenggara lomba Pramuka, keempat ketentuan ini harus ada dalam materi uji ketangkasan.
 
 
Dikutip LumajangNetwork dari laman website pramukaupdate.id, ada empat ketentuan yang harus ada dalam lomba pramuka. Semua peserta harus menguasai tiap ketentuan agar bisa menjadi pemenang.
 
1. Agama, Mental, Spiritual dan Pembentukan Watak
 
Menjadikan pribadi yang taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa memang menjadi salah satu tujuan dari kegiatan pramuka. Maka tidak heran jika perlombaan yang diadakan juga menggunakan materi tersebut misalnya lomba pengetahuan agama dan lain sebagainya.
 
 
2. Ketangkasan, Olahraga dan Patriotisme
 
Beberapa jenis ketangkasan dan olahraga yang bisa dijadikan sebagai materi perlombaan misalnya halang rintang, pionering hingga permainan yang bisa dilakukan berkelompok misalnya permainan kasti dan lain sebagainya.
 
3. Kesehatan, Keterampilan
 
Dalam lomba tingkat, bukan hanya perlombaan saja yang digelar tetapi juga ditambah dengan pembekalan misalnya seminar maupun workshop keterampilan seperti demo memasak. Untuk lomba yang akan digelar tergantung dari penyelenggara misalnya lomba semaphore, pengetahuan pramuka, cerdas cermat tentang kesehatan dan lain sebagainya.
 
 
4. Seni dan Budaya
 
Selain ketiga materi lomba di atas, materi lain yang juga tidak boleh dilewatkan yaitu seni dan budaya. Ada banyak jenis lomba yang ada di bawah naungan kategori ini misalnya membuat prakarya, peragaan busana, pertunjukan seni dan masih banyak lagi.
 
Mengikuti macam macam lomba pramuka bisa meningkatkan jiwa sportifitas tiap anggota. Selain itu, saat mengikuti lomba juga bisa menjadi ajang menambah teman karena akan berhadapan dengan peserta lain dari tempat yang berbeda.***

Editor: Syaiful Bakhtiar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X