Pembangunan Huntara Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Segera Dikebut

- Jumat, 14 Januari 2022 | 23:04 WIB
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di sela-sela kunjungan nya. (FB Wapres KH Ma'ruf Amin )
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di sela-sela kunjungan nya. (FB Wapres KH Ma'ruf Amin )

 

LumajangNetwork –  Masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru, akan bisa segera menempati hunian sementara (huntara). Hal itu disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq usai mendampingi kunjungan Wapres KH Maruf Amin di kawasan terdampak bencana.

“Insyaallah dalam waktu dua minggu ini setelah verifikasi data dengan pemerintah desa selesai, akan segera dimulai pembangunan rumah, terutama yang rusak berat,” ujar Cak Thoriq pada Jumat (14/01/2022) malam.

Baca Juga: 5 Merek Vaksin Booster yang Kamu Perlu Tahu Aturan Penggunaannya

Thoriq juga menjelaskan, kunjungan wapres yang didampingi oleh dirinya dan wabup itu untuk untuk memastikan pembangunan hunian sementara telah dikerjakan. Rombongan berkunjung ke tempat lahan relokasi di Desa Sumbermujur.

“Rumah contoh hunian sementara sudah ada, tinggal yang lain meneruskan pembangunan sesuai dengan rumah contoh yang telah di buat. Selanjutnya, pembangunan hunian tetap oleh Kementrian PUPR akan dilakukan serentak dengan meneruskan lahan yang ada di depan hunian sementara,” papar pria yang baru saja terpilih sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jawa Timur itu.

Baca Juga: Lowongan Trans TV, Tutor Multimedia untuk S1

Karena itu, Thoriq optimistis, dalam waktu dekat masyarakat yang terdampak erupsi semeru sudah bisa mulai pindah secara bertahap ke hunian sementara yang telah di bangun.

“Saya tadi juga menyampaikan terkait keinginan masyarakat yang terdampak erupsi semeru di Desa Supiturang Pronojiwo yang berkeinginan tempat relokasi tidak terlalu jauh dari Desa Supiturang. Semoga ada titik terang tentang lahan yang diharapkan masyarakat Supiturang dan bisa segera terwujud,” harap Thoriq.

Lebih lanjut, Pemkab Lumajang menjelaskan, bahwa anggaran pembangunan hunian tetap dan anggaran perbaikan rumah yang rusak ringan dan rusak sedang untuk bencana gempa di Desa Kaliuling dan beberapa desa di Kecamatan Pronojiwo tahun lalu telah masuk ke kas perusahaan. ***

Halaman:

Editor: Adi Permana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X