Sampai Umur Berapa Anak Yatim Harus Disantuni, Simak Penjelasan Status Anak Yatim

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:57 WIB
Anak yatim memiliki keistimewaan di mata Allah SWT, agar mendapat pahala menyantuni anak yati, anda harus paham batas umur anak yatim. (Yatim Mandiri)
Anak yatim memiliki keistimewaan di mata Allah SWT, agar mendapat pahala menyantuni anak yati, anda harus paham batas umur anak yatim. (Yatim Mandiri)

LumajangNetwork- Kenali status anak yatim yang wajib di santuni, sampai umur berapakah?

Wajib menyantuni anak yatim bagi orang yang mampu memberi dan yang berkecukupan dalam hidupnya, tetapi ada batasan umur anak yang masuk kategori yatim.

Anak yatim memiliki keistimewaan di mata Allah SWT, untuk memuliakannya, agar mendapat pahala menyantuni anak yatim, anda harus paham batas umur seorang anak dapat disebut yatim.

Baca Juga: 10 Keutamaan Menyantuni Anak Yatim di Hari Asyura, Salah Satunya Dilembutkan Hatinya

Adapun keutamaan menyantuni anak yatim dijelaskan dalam firman Allah,

فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۗ وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْيَتَٰمَىٰ ۖ قُلْ إِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۖ وَإِن تُخَالِطُوهُمْ فَإِخْوَٰنُكُمْ ۚ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ ٱلْمُفْسِدَ مِنَ ٱلْمُصْلِحِ ۚ وَلَوْ شَآءَ ٱللَّهُ لَأَعْنَتَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Tentang dunia dan akhirat. Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: “Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Al Baqarah 220)

Baca Juga: Contoh Proposal Pengajuan Dana Acara Santunan Anak Yatim, Cocok Untuk Referensi Panitia Penyelenggara

Terdapat pula di Surat Al Fajr ayat 16-17 tentang Allah membatasi rezeki bagi yang tidak menyantuni anak yatim yang berbunyi,

Halaman:

Editor: Naufal Firdaus Nurdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X