Badak Jawa, Satwa Langka Nyaris Punah yang Tak Bisa Ditemui di Kebun Binatang

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 09:36 WIB
Badak Jawa (Rhinoceros sundaicos ) di TN Ujungkulon. (KLHK)
Badak Jawa (Rhinoceros sundaicos ) di TN Ujungkulon. (KLHK)

LumajangNetwork – Badak Jawa yang memiliki nama latin Rhinoceros sundaicos merupakan salah satu hewan terancam punah yang asli Indonesia. Hewan ini sudah ditetapkan sebagai satwa langka dan dilindungi yang dilarang diburu sejak tahun 1931, ketika Indonesia masih dijajah Belanda.

Meski demikian, populasi Badak Jawa masih terus menurun karena berbagai sebab, terutama kerusakan ekosistem. Penurunan Badak Jawa yang paling drastis terjadi pada tahun 1883, akibat letusan Gunung Krakatau yang dampaknya sampai terasa ke benua Eropa hingga beberapa tahun.

Baca Juga: Punai Gading, Spesies Merpati Cantik Kaya Warna yang Suka Makan Buah

Baca Juga: Truk Tronton Kecelakaan Balikpapan di Turunan Simpang Rapak Diduga Langgar Aturan Perwali

Dilansir dari situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), beberapa tahun lalu, Badak Jawa banyak ditemukan di kawasan hutan di kaki-kaki Pegunungan Halimun-Salak, namun telah lama punah.

Badak adalah hewan penyendiri. Mereka berkumpul dalam jumlah terbatas hanya ketika bersama-sama mendinginkan badan di kolam kubangan yang sama, atau ketika musim kawin. Induk betina mengawal anaknya sampai usia 2--3 tahun dan beranjak dewasa pada usia 6 tahun. Seekor betina umumnya hanya melahirkan satu bayi. Usia badak umumnya 35--40 tahun. Badak sulit bertahan di luar habitat aslinya.

Baca Juga: Papua Surga Keragaman Hayati, 3 Ribu Lebih Spesies Anggrek Hidup di Bumi Cendrawasih (1)

Baca Juga: 5 Penyebab Kualitas Tidur yang Buruk, Salah Satunya Main Gadget Sebelum Tidur

Saat ini, upaya konservasi Badak Jawa dipusatkan di Taman Nasional Ujungkulon. Jumlahnya mencapai 75 ekor. Ini menjadi populasi terbesar yang pernah tercatat pada sepanjang sejarah pengelolaan TN Ujungkulon.

Halaman:

Editor: Adi Permana

Sumber: Indonesia.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Tips Bikin Kucing Gemuk dan Semangat Makan

Jumat, 20 Mei 2022 | 07:27 WIB

Tips Bikin Kucing Mau Pipis di Kotak Pasir

Kamis, 19 Mei 2022 | 22:26 WIB
X